Rabu, 21 September 2016

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM



Hariman Surya Siregar

Dosen Jurusan PAI UIN SGD Bandung
Jl. A.H. Nasution No. 105, Bandung Jawa Barat
Email: harimansurya@yahoo.co.id

ABSTRAK
Dari hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di  SPM Karya Budi Kabupaten Bandung didapatkan data kurangnya pemahaman konsep siswa  pada mata pelajaran agama Islam, hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai siswa yang masih banyak dibawah KKM.  Adapun tujuan
dari penelitian ini dilakukan adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam melalui penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah. Metode yang digunanak dalam pnelitian ini adalah eksperimen semu dengan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan terdapat peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan dengan siswa yang menggunakan  metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penggunaan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran agama Islam.

Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, Pemahaman konsep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar